Jemuran Cerdas Penyerap Energi Matahari

Seorang desainer Swedia, Idan Noyberg dan Gal Bulka merancang sebuah jepitan jempuran yang ramah lingkungan dan mampu menyerap energi matahari. Hasilnya dengan jepitan ini, berhasil membuat suasana kota di malam hari berwarna-warni.

jemuran-cerdas

Jepitan ini menumpang pada tali jemuran yakni sebuah panel solar yang dijepitkan pada pakaian saat dijemur di bawah terik matahari. Panel solar ini memiliki sistem internal yang akan mengaktifkan sensor menyerap energi dari matahari.

Pada bagian atas klip di jepitan tersebut terdapat panel surya kecil untuk mengumpulkan energi sinar matahari setiap harinya. Pada sore hari ketika matahari mulai turun, sensor akan mengirimkan enerfi ke baterai kecil untuk bisa mengaktifkan diri. Dengan aliran energi tersebut melalui jepitan bisa menerangi lampu – lampu LED yang berwarna-warni.

Jepitan ini dibilang cukup cerdas karena selain untuk peralatan rumah tangga bisa mendukung gerakan hemat energi, gerakan ramah lingkungan, serta menambah suasana perkotaan menjadi semarak.

 

Sumber: 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s