Bisa Diakses Dimana Saja, Faktor Utama Belanja Online

Visa menyelenggarakan survei yang bertajuk Pendorong Volume eCommerce Melalui Pandangan Konsumen: Survei Indonesia 2013. Survei yang dilakukan pada bulan Juli 2013 ini berbentuk wawancara mendalam dan diskusi fokus grup via online kepada 516 responden.

 

Kemudian, kriteria responden tergolong aktif dalam berbelanja online dan membeli satu barang secara online dalam kurun waktu 12 bulan.

 

“Dalam survei ini responden dibagi menjadi 3 kategori, yakni mature shoppers (48%) dimana mereka tipe yang berbelanja online lebih dari lima kategori produk dan jasa,” kata Harianto Gunawan, Direktur PT. Visa Worldwide Indonesia.

 

“Kemudian, evolving shoppers (29%) yang terdiri dari pembelanja online berbelanja tiga sampai 4 kategori produk dan jasa. Dan segmen terakhir adalah emergent shoppers (23%), yakni pembelanja online yang hanya membeli satu atau dua kategori produk dan jasa.”

 

Hal tersebut diungkapkan Harianto dalam jumpa pers pemaparan hasil survei “Pendorong Volume eCommerce Melalui Pandangan Konsumen: Survei Indonesia 2013” di Jakarta, Selasa (15/4).

 

Ditemukan pemicu para pembelanja untuk berbelanja online di setiap kategori memiliki kemiripan. Pemicu paling utama bagi mereka untuk berbelanja online adalah karena mereka bisa mengakses internet dimana saja.

 

“Setelah itu, pemicu keduanya adalah penawaran diskon atau potongan harga. Menurut mereka merchant di internet sering menawarkan potongan harga yang menggiurkan,” tutur Harianto.

 

Pembelanja online yang paling memperhatikan diskon ada pada kategori mature shoppers dimana angkanya mencapai 67 persen. Sedangkan, pada kategori emergent shoppers sebanyak 55 persen dan evolving shoppers 54 persen.

Kemudian, pada kelompok emergent shoppers sebanyak 52 persen menganggap belanja di internet seringnya jauh lebih hemat dibandingkan di toko. Harga produk yang lebih murah dan tidak mengeluarkan ongkos atau uang bensin seperti bila belanja di mall atau toko-toko lain.

 

“Dan sebanyak 63 persen pada mature shoppers keuntungan online shop lainnya yang menjadi pemicu mereka ingin belanja online adalah tokonya buka selama 24 jam setiap hari,” terangnya.

 

Selain itu kelebihan berbelanja online yaitu:

 

1. Tidak terikat tempat dan waktu, terutama bagi orang yang sibuk sehingga tidak sempat berbelanja dengan mendatangi toko.

2. Banyak pilihan toko online yang menyediakan ragam produk yang di inginkan.

3. Menghemat waktu dan tenaga, tidak perlu berkeliling mal atau toko, cukup meluangkan waktu sebentar dengan membuka internet dan tentu saja akan terhindar dari kemacetan jalan raya.

4. Dapat membandingkan produk dan harga dengan toko online lainnya, sehingga lebih banyak pilihan.

5. Proses belanja yang mudah, cukup memesan barang, dan pembayaran biasanya dapat melalui internet/mobile banking atau ATM dan tinggal menunggu barang dikirim.

 

Sumber: 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s