Mengenal Cloud Computing – Teknologi Komputasi Awan

Apa cih cloud computing itu? banyak orang awam yang tidak tahu apa istilah itu, nah kali ini akan coba menjelasakan pengertian “cloud computing”.

Cloud computing atau bisa disebut komputasi awan adalah penggabungan dari pemanfaatan teknologi komputer(komputasi) dan pengembang internet (awan), disini awan merupakan metamorfosa dari internet, jadi dengan kata lain adalah suatu metode komputasi dimana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service) sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat internet (di dalam awan). Di zaman yang semakin maju saat ini, komputasi awan memang sangat diperlukan keberadaannya agar manusia dapat mengakses semua data mereka dimanapun anda berada dan menggunakan apapun gadget anda.

Contoh penerapan cloud computing yang mungkin anda sudah memakainya namun anda belum menyadari adalah seperti Gmail, Yahoo, Facebook, goole docs, salesforce, dan masih banyak lagi yang berbasis cloud.

Nah, udah mulai kelihatan gambarannya kan? Jadi cloud itu sebenarnya barang jadul (minimal kita sudah pakai sejak kenal internet), tapi namanya baru.

Untitleds

Banyak manfaat yang kita dapat dalam menggunakan cloud misalkan :

  • Mengurangi biaya. Jika anda menggunakan cloud computing, anda tidak perlu membeli dan mendownload program, karena semua informasi yang anda butuhkan dapat disimpan di cloud. Dalam kasus tertentu, anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk software dan kapasitas penyimpanan yang anda butuhkan.
  • Update. Dari waktu ke waktu, hardware dan software pasti akan butuh update. Dengan cloud, semua software akan ter – update secara otomatis. Hal ini akan mengurangi biaya dan juga waktu tentunya.
  • Bekerja dari mana saja. Anda dapat bekerja dari mana saja, selama anda bisa mengakses cloud. Anda tidak usah membawa – bawa banyak harddisk dan sejenisnya, cukup mengaksesnya lewat cloud.
  • Instalasi yang mudah. Proses instalasi cloud cukup mudah.
  • Waktu respon yang lebih cepat. Dengan mengakses via cloud akan lebih cepat untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan.
  • Kecemasan ketika bencana alam. Ketika ada bencana alam, atau listrik mati, umumnya data bisa hilang ketika belum disave. Dengan cloud, semuanya akan disave, sehingga hal ini dapat dihindari.

 

Teknologi cloud Computing juga dimanfaatkan untuk para pengusaha yang mempunya banyak cabang agar sumua cabang terkoneksi dan bisa di pantau jarak jauh dimanapun berada. Contoh software yang menggunakan teknologi ini adalah Software Point of Sales Online Omega POS Cloud yang khusus untuk mereka yang mempunyai banyak cabang perusahaan.

Sotware cloud Computing seperti Software Point of Sales Online Omega POS Cloud yang dikembangkan oleh perusahan membuat mudah pengusaha untuk memantau aktivitas Point of Sale (POS) ada dua jenis Cloud Computing yang di gunakan omegasoft, yang pertama Server Cloud di tempat perusahaan dan yang kedua Server Cloud di tempat pengusaha sendiri.

Selain memiliki keuntungan, layanan komputasi awan juga memiliki kelemahan yaitu komputer akan menjadi lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali jika internet bermasalah atau kelebihan beban. Dan juga perusahaan yang menyewa layanan dari cloud computing tidak punya akses langsung ke sumber daya. Jadi, semua tergantung dari kondisi vendor/penyedia layanan cloud computing. Jika server vendor rusak atau punya layanan backup yang buruk, maka perusahaan akan mengalami sebuah masalah yang cukup besar.

 

Sumber: 1, 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s