Membuat SMS Gateway Menggunakan Gammu dan Kalkun

Membuat SMS Gateway Menggunakan Gammu dan Kalkun

Pilih file .zip sesuai dengan versi Windows di (64bit/32bit).

http://wammu.eu/download/gammu/win32/

Setelah melakukan download, maka akan ada file .zip. Silahkan extract di C: atau D:

Setelah di extract maka akan ada 4 folder sebagai berikut:

    bin

    include

    lib

    share

Disarankan untuk mengganti nama folder utama yang di extract tadi (Gammu-1.33.0-Windows) menjadi gammu saja agar saat melakukan konfigurasi di command prompt (cmd) tidak terlalu sulit mengetiknya.

Langkah setting SMS gateway menggunakaan Gammu:

1. Copy file gammurc dan smsdrc ke folder C:\gammu\bin\

Langkah pertama membuat sms gateway adalah dengan melakukan copy file gammurc dan smsdrc ke folder C:\gammu\bin\. Dimana letak kedua file tersebut? gammurc dan smsdrc ada di dalam folder: C:\gammu\share\doc\gammu\examples\config\.

Sudah ketemu? Silahkan di copy file gammurc dan smsdrc ke folder C:\gammu\bin\.

2. Setting file gammurc yang ada di bin

File gammurc ini digunakan untuk melakukan konfigurasi modem atau handphone yang di gunakan. Silahkan klik kanan dan edit menggunakan notepad atau wordpad.

Edit file gammurc menjadi seperti berikut:

[gammu]

device = com6:

connection = at

Cukup device dan connection saja yang diisi. Silahkan diisi sesuai dengan lokasi atau port modem yang digunakan. Sebelum lanjut, cek availability modem atau handphone yang digunakan. Apakah modem atau handphone yang digunakan support untuk membangun aplikasi SMS gateway menggunakan Gammu? Gammu support banyak modem dan handphone, silahkan cek di:

http://wammu%5Bdot%5Deu/phones/

Saya menggunakan modem Huawei dengan tipe 156G.

Cek-Ketersedian-Modem-atau-Handphone

Di bisa lihat connection device di dan fitur yang dapat dilakukan oleh modem atau handphone di. Jangan lupa untuk mencatat Connection yang nantinya akan diisi di file gammurc.

Jika modem atau handphone tidak terdaftar pada list tersebut, kemungkinan besar modem atau handhphone tidak bisa digunakan.

Bagaimana dengan device? apakah diisi com6:? Tidak! itu sesuai dengan port dimana di meletakkan modem atau handphone. Untuk mengetahuinya, di bisa lihat di device manager.

Cara-Mengetahui-Port-Device-SMS-Gateway

Dari kedua gambar di atas, kita dapat mengambil informasi port dan connection modem atau handphone yang kita gunakan. So, isikan device dan connection menggunakan informasi di atas.

[gammu]

device = com6:

connection = at

Tambahkan tanda titik koma (;) sebelum tulisan [gammu1], device, dan connection yang ada pada baris berikutnya di dalam file gammurc karena pada tutorial kali ini kita hanya menggunakan 1 device. Jangan lupa beri tanda titik dua (:) pada bagian device (setelah com6).

Bagaimana? Cukup jelas bukan? Jika kurang jelas, di bisa baca ulang dan coba cari tahu port dan connection modem atau handphone di. Untuk mengetahui apakah device sudah terbaca atau belum, lakukan langkah berikutnya.

3. Cek Modem menggunakan Command Prompt (cmd)

Untuk mengetahui apakah konfigurasi yang di lakukan pada langkah ke 2 berhasil atau tidak, dapat mengetahuinya melalui command prompt (cmd). Silahkan  buka  command prompt dan masuk ke dalam direktori C:\gammu\bin\. Pasti di lupa bagaimana cara masuk ke direktori tertentu menggunakan command prompt, sama!

Pake cd!  singkatan change directory. Begini caranya:

change-directory

Jika sudah masuk ke dalam direktori C:\gammu\bin\, silahkan ketikkan perintah berikut:

gammu –identify

Bagaimana hasilnya? Jika berhasil, maka akan tampil informasi mengenai device yang di gunakan seperti:

Gammu-Identify

Jika modem atau handphone di tidak terdeteksi, silahkan teliti lagi langkah kedua. Jangan sampai salah menulis port dan connectionnya. Perhatikan catatan-catatan yang diberikan!

4. Buat database gammu

Pada langkah ini, kita akan membuat sebuah database yang akan menampung data sms seperti pesan masuk, pesan keluar dan lainnya. Waduh, kok kayaknya repot ya? Dari mana bisa tahu tabel-tabel yang harus dibuat? Tenang-tenang, tidak usah khawatir, gammu telah menyediakan file .sql yang dapat di import ke dalam database yang di buat.

Pada contoh ini, dimenggunakan MySQL sebagai database yang digunakan. Langsung saja, buka phpmyadmin dan create database dengan nama gammu. Kemudian import file .sql yang terdapat pada folder C:\gammu\share\doc\gammu\examples\sql\mysql

Ingat atau catat nama user, password dan database yang di miliki. Akan digunakan pada langkah berikutnya.

5. Setting file smsdrc

Setelah modem dikenali oleh komputer dan membuat database, pada langkah ini mulai untuk melakukan setting services atau layanan yang kita gunakan dari gammu itu sendiri. Langsung saja, buka file smsdrc yang berada di C:\gammu\bin\ menggunakan wordpad dan setting menjadi:

[gammu]

device = com6:

connection = at

[smsd]

service = MYSQL

PIN = 1234

logfile = smsdlog

debuglevel = 0

commtimeout = 30

sendtimeout = 30

user = userdi

password = passworddi

pc = localhost

database = namadatabasedi

driver = native_sql

Setelah di edit file dan merasa yakin telah sesuai, silahkan buat services dari smsdrc ini ke dalam komputer di. Bagaimana caranya? Buka lagi command prompt (cmd) yang di gunakan sebelumnya dan install services gammu dengan menuliskan perintah:

gammu-smsd -c smsdrc -i

Jika berhasil akan ada notifikasi seperti:

Install-Services-Gammu-pada-Komputer

Jika sukses, services yang ada pada komputer di akan bertambah 1, yaitu:

Gammu-SMSD-Service

STOP! Jangan lakukan Start service terlebih dahulu, kita akan mencoba untuk mengirimkan SMS ke handphone melalui command promt (cmd). Bisa ya kirim SMS lewat command prompt? Bisa! coba ketikkan perintah:

gammu –sendsms text nomorhptujuan

Kirim-SMS-Menggunakan-Command-Prompt

Kalau di cermati, gambar di atas menampilkan pesan error dan pesan berhasil mengirim SMS. Diramalkan yang error pasti menggunakan Modem sebagai koneksi internetnya. Betul? Diramalkan lagi kalau modemnya sekarang lagi nyambung alias connect. Betul? Kalau memang betul, silahkan disconnect terlebih dahulu modem yang di gunakan.

Service ini cuma bisa digunakan oleh 1 aplikasi saja. Kalau service modem kita gunakan menggunakan aplikasi bawaan modem seperti mobile partner dan lainnya, maka Gammu tidak bisa menggunakan service atau layanan modem karena sudah digunakan oleh aplikasi bawaan modem tadi, jadi disconnect dulu ya sebentar. Terus coba lagi ketik perintahnya di cmd dan cek Handphone yang di gunakan sebagai bahan uji coba.

tik…tuk… Tanda pesan masuk. Selamat, telah merampungkan 15% untuk membuat SMS gateway. Lho? Masih panjang ya jalannya? Iya. Belum pada bagian kalkun yang cukup panjang juga konfigurasinya.

Tetap Semangat….!!!

Sampai disini ada yang menemukan error tidak? Hmhmhmmm… Pasti ada yang menemukan error msvcr71.dll atau blabla.dll lainnya. Untuk mengatasinya, di bisa searching di google .dll yang hilang tersebut. Download .dll yang diminta dan masukkan ke system32 Windows, kemudian tes lagi perintah yang di jalankan.

Sekarang kita akan coba mengirimkan sms menggunakan Database MySQL yang telah kita konfigurasi sebelumnya. Sebelum kita masuk ke database, silahkan START services Gammu SMSD Services.

Gammu-SMSD-Service

Fungsi Service ini adalah melayani proses yang ada di Gammu melalui aplikasi (bukan command prompt). Misalnya kita menggunakan phpmyadmin untuk manipulasi database, aplikasi kalkun untuk website interface dan lainnya. So, harus di jalankan terlebih dahulu services ini.

Adakah yang mengalami error ketika melakukan Start service?? Kalau error, sejauh pengetahuan diterdapat 2 kemungkinan. Kemungkinan pertama service masih digunakan aplikasi lain, dalam hal ini aplikasi bawaan modem. Silahkan disconnect terlebih dahulu. Kemungkinan kedua terdapat kesalahan di konfigurasi SMSDRC sebelumnya. Silahkan di teliti kembali apakah isi file smsdrc sudah sesuai dengan konfigurasi pada langkah 5.

Jika terdapat kesalahan semisal salah ketik atau kurang tanda tertentu, di harus uninstall terlebih dahulu service yang sudah dibuat sebelumnya dengan mengetik perintah:

gammu-smsd -u

Setelah di uninstall, di install kembali services yang telah di perbaiki. Jadi ingat, UNINSTALL terlebih dahulu ya setelah di edit file smsdrc jika terdapat kesalahan. Kemudian install kembali menggunakan perintah:

gammu-smsd -c smsdrc -i

Setelah diinstall, silahkan coba Start service. Mudah-mudahan tidak ada kendala yang berarti.

6. Kirim SMS Melalui Database

Source

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s