Rusia ‘Serang’ Sistem Komputer Ukraina

Puluhan sistem komputer di Ukraina telah terinfeksi oleh program jahat baru bernama Snake.

Senjata siber itu telah muncul sejak awal tahun ini, bahkan sebelum aksi demonstrasi yang menyebabkan mundurnya Viktor Yanukovych dari jabatan Presiden Ukraina, yang memicu ketegangan antara negara tersebut dengan Rusia.

Perusahaan security asal Inggris, BAE System, melaporkan komposisi dari Snake mirip dengan Stuxnet, program jahat yang dulu mengacaukan sistem fasilitas nuklir Iran pada 2010.

Snake – atau dikenal dengan Ourobos, nama naga dalam mitologi Yunani – bisa membuat hackers menyerang dari jarak jauh dan mengendalikan sistem yang terinfeksi secara penuh. Malware ini bisa tetap dalam status inactive selama beberapa hari, sehingga sangat sulit untuk dideteksi.

Meskipun belum jelas darimana asal serangan Snake ini, developernya terlihat beroperasi pada zona waktu yang sama dengan Moscow dan ada sebagian teks dalam kode konfigurasinya yang menggunakan aksara Rusia.

BAE sudah mengidentifikasi 14 kasus penyerangan Snake di Ukraina sejak awal tahun ini, menyusul 8 kasus yang terjadi pada 2013. Sejak 2010, telah tercatat 32 kasus terjadi di Ukraina, dari total 56 serangan Snake di seluruh dunia.

Nigel Inkster, kepala operasional Badan Intelijen Luar Negeri Inggris MI6, mengatakan bahwa Rusia sangat mungkin berada di balik rangkaian serangan cyber di Ukraina.

“Sampai sekarang Rusia terlihat tenang, tetapi saya tidak ragu mereka bisa melancarkan serangan cyber secara luas dengan peralatan super canggih,” jelas Nigel.

 

Source: ciso

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s