Laporan Penulisan Ilmiah – Web Commerce

DAFTAR ISI
Halaman
DAFTAR ISI                                      i
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang                              1
1.2 Batasan Masalah                           1
1.3 Metode Penelitian                         2
1.4 Rumusan Masalah                         2
1.5 Hasil yang Diharapkan                  3
1.6 Tujuan                                           3
BAB II  LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Website                       4
2.2 Domain dan Hosting                     4
2.3 Store Manager                               5
2.4 Kelebihan E-Commerce                7

BAB III  KESIMPULAN                  9

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan Teknologi Informasi Teknologi Informasi saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat cepat. Teknologi Informasi terbukti telah mampu mengintegrasikan setiap detail infomasi yang sebelumnya dianggap mustahil tercapai, seperti kecepatan informasi, efisiensi dan efektivitas. Teknologi informasi banyak diaplikasikan sebagai website untuk penjualan product secara online, dimana product tersebut dapat diakses di seluruh penjuru dunia.
Oleh sebab itu banyak jasa yang menawarkan aplikasi e-commerce bagi penjual produk secara on-line. yang fitur-fiturnya disesuaikan dengan kebutuhan toko online itu sendiri. Sehingga dapat meningkatkan penjualan secara otomatis. Dan konsumen dapat dengan mudah mengakses setiap product yang dibutuhkan secara cepat, efisien dan tentu saja aman.

 

1.2 Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini,penulis hanya membatasi sampai pada tahap pemesanan dan pembayaran yang dilakukan dengan cara transfer,yaitu pembayaran yang dilakukan dengan cara antar rekening melalui proses transfer dari pihak konsumen ke rekening penjual. Proses transfer ini sendiri berada di luar e-commerce   atau  berada  diluar   website   sistem  website.   Sedangkan    proses pengiriman barang dilakukan menggunakan jasa pengiriman barang. Dalam hal ini penulis mempermudah pengunjung yang ingin memesan produk tanpa harus registrasi diri terlebih dahulu, sehingga pengunjung cukup mengisi data diri pada menu kontak saja jika ingin memesan produk yang sedang kosong atau membeli produk yang sudah siap order.

 

1.3 Metode Penelitian
Dalam penulisan Ilmiah ini,penulis melakukan beberapa tahap analisa yang terdiri dari,”studi pustaka, Perancangan Sistem, dan Tahap Implementasi”. Pada tahap Studi pustaka, penulis mengumpulkan berbagai buku referensi yang berhubungan dengan Penulisan ilmiah ini,serta melalui browsing internet untuk memperoleh informasi dan gambaran tentang website e-commerce.
Pada tahap Perancangan Sistem,terdiri dari pembuatan rancangan tampilan utama,tampilan info, tampilan pada menu home, dan perancangan database.

1.4 Rumusan Masalah
Berdasarkan  latar belakang masalah dapat diperoleh rumusan masalah yaitu :
a)    Pengertian Website

b)    Domain dan Hosting
c)    Store Manager
d)    Kelebihan dan kekurangan E-Commerce
1.5 Hasil Yang Diharapkan
Proyek pembuatan website e-commerce diharapkan dapat memenuhi hasil sebagai berikut :
•    Terbentuknya sebuah sistem penjualan secara online dengan website yang memiliki interface yang menarik dan interaktif dengan user / customer.
•    Terbentuknya sebuah sistem penjualan online yang memiliki standar keamanan yang terjamin.
•    Terbentuk laporan penjualan online secara terstruktur dan jelas.
1.6 Tujuan
Agar E-commerce semakin banyak yang memakai buat usahanya masing-masing dan ide yang di angkat di masing-masing websitenya unik, variatif, dan kreatif.

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Website
Website adalah kumpulan halaman yang menampilkan informasi data, teks, gambar, data animasi, suara, dan gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun yang bersifat dinamis yang membentuk suatu rangkaian bangunan yang saling terkait dengan jaring (hyperlink). Atau mudahnya sebuah cara untuk menampilkan diri Anda di Internet. Dapat diibaratkan Website Anda adalah sebuah tempat di Internet, siapa saja di dunia ini dapat mengunjunginya, kapan saja mereka dapat mengetahui tentang anda masukan atau bahkan mengetahui dan membeli produk Anda.

2.2 Domain dan Hosting
Unsur-unsur yang harus ada dalam penyediaan Website atau situs di antaranya sebagai berikut:
1)    Domain : Alamat unik di dalam dunia maya (internet) yang berguna untuk menemukan sebuah website. Umumnya URL ini di perjualbelikan dengansistem sewa tahunan. Atau lebih mudahnya nama dari website (alaman website/url) misalnya yahoo.com/namaanda.com dan sebagainya. Disarankan memilih nama domain yang mudah diingat agar pengguna dapat

dengan mudah menemukan website kita.
2)    Hosting : Web Hosting merupakan ruangan yang terdapat dalam harddisk sebagai tempat penyimpanan data, file, video, email, database, dll yang nantinya website tersebut. Atau lebih mudahnya rumah, maka domain adalah alamat rumahnya dan hosting adalah rumahnya.
TENTANG QWE STORE
2.3 Store Manager
Store Manager digunakan untuk mengatur produk yang tersedia antara lain:
Product List, untuk menampilkan product yang akan dijual dalam website. Fitur-fitur yang tersedia :
1)    SEO (Search Engine Optimization), berfungsi untuk memudahkan bagi search engine seperti google, yahoo, dsb. Dalam pengindexan content dari web kita dan mendapatkan rating yang tinggi dalam pencarian.
2)    Custom Field, berfungsi untuk menentukan sendiri kolom-kolom produk yang akan dimasukkan, menurut keinginan admin. Apabila product yang dijual memiliki spesifikasi yang berbeda. Contoh: hand phone, kendaraan, rumah, dll. Karena product-product tadi memiliki spesifikasi yang berbeda pula.
3)    Multiple Images, berfungsi untuk memasukkan gambar dari product lebih dari satu gambar. Contohnya ingin menampilkan tampilan product dari berbagai   sisi   yang   berbeda.  34  optional   Template,   berfungsi   untuk menampilkan halaman Daftar Product & Detail Product dengan berbagai tampilan yang berbeda.
4)    Mulitple Prices, setiap product memiliki dua harga yang berbeda untuk pengujung yang bebeda pula yaitu harga untuk member dan harga untuk pungunjung tanpa login.
5)    Price Range Manager, fasilitas ini memungkinkan sang admin untuk menentukan harga produk yang akan dibeli oleh pengunjung berdasarkan jumlah pembelian produk. Contoh beli 1 dan 10 buah memiliki harga yang berbeda.
6)    Product Protection, untuk melindungi suatu product agar tidak ditampilkan pada saat user tidak login. Product hanya bisa dilihat oleh member yang sudah login saja.

Order Management, adalah tempat dimana admin mengatur orderorderv yang telah masuk dari para pengujung, fitur-fitur yang tersedia:
1)    Inventory Management, untuk pengaturan stock. Karena setiap ada pembelian dari konsumen bisa langsung mengurangi stock yang tersedia saat itu. Fasilitas ini adalah optional sehingga bisa di matikan.
2)    Auto Calculate Shipping, ditambahkan biaya pengirimanya berdasarkan alamat  konsumen  yang  telah  dimasukkan  sebelumnya. Fasilitas ini juga mendukung berbagai perusahaan pengiriman barang.
3)    Special Inquiry Product F, dengan yang diperlukan oleh pengunjung sehingga fasilitas ini dapat membantu konsumen untuk merequest suatu produk dengan permintaan khusus.
4)    Multiple Currencies, website ini memiliki 12 memasukan harga dari salah satu kurs (contoh: rupiah). Kemudian harga tersebut akan di convert oleh system menjadi 12 kurs mata uang lain mengikuti pilihan dari pengunjung. Harga rate mata uang akan di update mengikut

2.4 Kelebihan dan Kekurangan E-Commerce
Kelebihan E-Commerce :
1)    Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran.
2)    Meningkatkan daya saing perusahaan.
3)    Menggantikan konsep manual.
4)    Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah.
5)    Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat tinggalnya.
6)     Dalam melakukan transaksi melibatkan intitusi lain, sehingga menguntungkan bagi intitusi itu.

Kekurangan E-Commerce:
1)    Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan.
2)    Penjelasan produk kurang jelas.
3)    Harga terkadang tidak sesuai.
4)    Produk kurang dikenal oleh masyarakat.
5)    Kurang aman dalam melakukan transaksi.
6)    Tampilan produk kurang jelas.
7)    sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan.

BAB III
KESIMPULAN
E-commerce merupakan suatu teknologi dinamis dari aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu yang meliputi perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik. Secara umum e-commerce juga dapat diartikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan barang atau jasa

dengan menggunakan media elektronik.
Dengan e-commerce, kita bisa melakukan jual beli produk yang kita inginkan tanpa harus mendatangi toko atau perusahaan yang kita beli produknya. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi sebagian pihak yang benar-benar mendapatkan pelayanan terbaik dari e-commerce tersebut, namun untuk sebagian pihak juga sangat merugikan, kadang barang yang kita beli tidak sesuai dengan apa yang kita lihat diinternet dan juga kondisi barang tidak baik.
Terkadang juga sebagian pihak tersebut merasa tertipu karena barang yang dipesan tidak diantar setelah pembeli mentransfer uang ke perusahaan yang membangun sistem e-commerce diinternet. Di Indonesia, untuk menerapkan e-commerce sangat sulit untuk berkembang, karena sifat orang Indonesia kebanyakan harus melihat langsung barang yang akan dibeli, bukan hanya melihat barang yang akan dibeli berupa gambar. E-commerce sulit berkembang juga karena  banyak  cybercrime  yang  mencoba  membuat  situs  yang   sama   dengan perusahaan yang membangun sistem e-commerce untuk meraup keuntungan jauh lebih besar, karena uang yang akan ditransfer tidak masuk ke perusahaan namun hanya masuk ke segelintir orang yang tidak bertanggungjawab dengan situs palsunya tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s