Mau pelihara reptil? (Biawak)/ Biawak Untuk Beginners

Apa Biawak pertama yg cocok untukmu?

Kamu ingin memelihara Biawak. Bagaimana kamu memastikan memilih yang benar?
Kami ingin membantu anda memilih. Sebelum memilih jenis Biawak, sebaiknya kita memerhatikan bebarapa hal berikut:

1) Berapa besar tempat yang anda siapkan untuk saat ini dan nanti saat Biawak dewasa? Penting untuk mengetaui jenis Biawak yg akan dipelihara dan memperhatikan tempat yang dapat disediakan.
2) Berapa besar biaya yang diperlukan untuk memberi makan dan memenuhi perawatan Biawak setiap bulannya? Bila mempunyai budget yang terbatas, tidak dianjurkan memelihara Biawak yang besar dan mahal. (nanti ga bisa ajak cewe lo jalan)
3) Apa tingkat (level) kemampuanmu dalam menangani Biawak? Tingkat/level bisa berdasarkan dari pengamatan atau analisa seseorang setelah berinteraksi dengan beberapa spesies Biawak yang diketahui. Yang paling tahu tingkat kemampuan anda menangani Biawak adalah anda sendiri.
4) Pertanyaan paling penting. Apakah kamu akan menekuni hobby ini untuk jangka panjang? Rata² Biawak hidup 10 tahun. Apakah kamu akan menekuni hobbi ini selama itu?

Ok setelah anda mengerti beberapa hal yang saya sampaikan diatas dan semoga anda sudah mempunyai jawabannya, saya akan mencoba memberi beberapa masukan untuk anda..

Memilih Biawak seperti memilih pacar, pertama anda harus tertarik dengan pasangan anda. Ga ada untungnya kalau pacaran tapi tidak didasari oleh rasa suka. Kembali ke Biawak, anda harus memilih Biawak yang menarik minat anda dan kemudian cari tahu bagaimana perawatan dan diskusikan dengan orang² yang sudah lebih berpengalaman dalam memelihara Biawak, jika anda dapat memenuhi kebutuhannya mungkin saja anda baru menemukan Biawak yang akan anda pelihara.

Beberapa jenis Biawak mempunyai tempat hidup yang berbeda beda. Ada yang jenis biawak pohon, anda harus menyediakan kandang yg tinggi untuk tempat biawak memanjat, Ada biawak yg membutuhkan tempat berenang atau berendam, anda harus menyediakan tempatnya dan lainnya Itu satu lagi alasan kenapa anda harus berhati² dalam memilih Biawak pertama mu.

Apabila anda sudah yakin untuk mulai pelihara biawak, dan tidak ada masalah dengan semua kebutuhannya, saya akan memberikan beberapa saran saat membeli biawak.

Yang harus diperhatikan saat membeli Biawak.

1) Pastikan Biawak tersebut aktif terjaga.
2) Pastikan Biawak mau makan.
3) Pastikan Biawak tidak terlihat dihinggapi parasit, seperti kutu dll..
4) Jika tersedia, pilih yang CB dari pada yang WC.
5) Kulit biasanya halus dan tidak kasar atau luka. Badan Biawak tidak kurus kering tapi biasanya padat berisi.
6) Perhatikan kelengkapan dari kuku dan ekornya.
7) Mulut Biawak harus selalu tertutup rapat dan hanya tempat keluarnya lidah yg terbuka sedikit. Dan lidah tampak bersih dari penyakit atau tindikkan. Mata juga bersih.

8) Nafas biawak tidak berbunyi dan tdk ada gejala sakit walaupun kadang untuk awal mau dipegang ada beberapa jenis biawak yang mengeluarkan suara mendesis, tapi ketika di handle dan tenang, suara kembali normal.

9) Pindahkan biawak ke tempat yang lebih datar permukaannya, bila ada keanehan saat biawak berjalan berarti ada yang salah.

10) Apakah kandangnya bersih dan terpelihara?

Selamat memelihara Biawak..

Source RX

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s