TIPS : Pertimbangan Dalam Menginstal Custom ROM Baru di Handphone Android

Salah satu keuntungan utama menggunakan handphone Android adalah kebebasan dalam menginstal ROM custom. Berbagai developer pun banyak yang mengembangkan banyak pilihan custom ROM untuk handphone Android. Terutama adalah handphone Android yang populer di pasaran.

Namun, sebelum menginstall atau flashing handphone Android, Anda juga harus memperhatikan keuntungan dan kerugian ketika menginstal sebuah ROM baru. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian ketika mengaplikasikan custom ROM baru di handphone Android.

Kerugian

– Instalasi sebuah custom ROM baru kemungkinan besar akan membawa permasalahan baru di handphone Android Anda. Bisa saja terdapat salah satu fitur penting di handphone yang tidak bekerja.

– Anda kemungkinan akan secara tidak sengaja memberikan akses aplikasi berbahaya ke handphone Anda. Dengan sembarangan memilih custom ROM dan tidak mengetahui detail teknis custom ROM tersebut, berarti Anda memberikan akses penuh kepada developer untuk mengakses handphone Anda. Jadi, bisa saja data rahasia di handphone Anda akan dicuri atau bahkan dihapus.

Keuntungan

– Kernel. Menggunakan custom ROM biasanya dilengkapi dengan custom kernel. Anda pun akan mendapatkan beberapa fitur tambahan baru berkat adanya custom kernel.

– Peningkatan daya tahan baterai. Sebuah custom ROM biasanya dilengkapi dengan kemampuan untuk mengkalibrasi daya tahan baterai. Dengan menggunakan sebuah custom ROM, Anda akan mendapatkan daya tahan baterai yang lebih baik dibanding stock ROM.

– Tambahan aplikasi. Menginstal sebuah custom ROM, tak jarang dibarengi dengan rooting secara otomatis.

– Overclocking dan underclocking. Anda bisa mengatur sendiri kecepatan dari prosesor dari handphone Android Anda. Namun, dengan menambah kecepatan, Anda tentu harus mengorbankan daya tarik baterai handphone.

– Android versi terbaru. Jika Anda tak ingin menunggu update terbaru dari pihak produsen handphone, Anda bisa menginstall sendiri OS Android terbaru di handphone Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s