Definisi dan Fungsi HTML

OK kita langsung saja ke inti penjelasan. HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language yang merupakan sebuah format bahasa dari world wide web untuk menulis & menampilkan dokumen. Sehingga dokumen tersebut dapat dengan mudah tersebar ke PC melalui media jaringan komputer atau internet yang sekarang ini sedang kita nikmati. Untuk dapat membuka dokumen yang ditulis dengan HTML maka kita perlu sebuah tool yaitu browser seperti Opera, Mozilla, Netscape, Internet Explorer atau yang lainnya….

Sebuah dokumen HTML setidaknya mempunyai susunan sebagai berikut:

<html>
<head>
<title>Judul dokumen</title>
</head>
<body>
Tempat dokumen ditulis atau dideklarasikan
</body>
</html>

Sampai disini mungkin ada yang bertanya, sebelum kita lanjut ke studi kasus yang lebih rumit tapi sederhana???? xixixi Saya yakin pasti tidak ada pertanyaan lawong mudah kok untuk mengerti apakah HTML itu!

Maaf bung adsloko ni ada sedikit pertanyaan. Bagaimana cara membuat file HTML? Jawabannya :

  1. Minimal Anda mempunyai text editor seperti notepad jika tidak punya kunjungi saja alamat ini untuk mendownload dan menginstallnya di komputer kita. Jika Anda mempunyai software dreamweaver itu lebih baik karena dapat memberikan peringatan kepada Anda jika salah ketik kode program.
  2. Buka notepad –> tuliskan kode html –> file –> save as –> “NamaFile.html” –> save cara ini khusus bagi Anda yang hanya mempunyai file notepad sedangkan yang mempunyai dreamweaver bisa langsung buka file –> new –> HTML dan untuk menyimpannya tinggal file –> save asNamaFileĀ 
  3. Untuk cara menyimpan file HTML di notepad dan dreamweaver terdapat sedikit perbedaan yaitu nama file dan extensinya. penulisan di notepad Anda harus sertakan nama file plus extensinya dan diapit oleh tanda petik (jangan sampai kelewatan), tetapi kalo di dreamweaver anda tidak perlu lakukan.

Jawaban tersebut adalah jawaban dari pertanyaan sederhana di atas, eh tapi kok jawabannya panjang sekali xixixixo…. kan gpp kalo jawabannya panjang weeeeek…. Oh iya jawaban tersebut diatas berdasarkan pengalaman Mr adsloko waktu pertama kali belajar HTML jadi ada kemungkinan prosedurnya bisa berubah seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi dunia internet & informasi.

Akhir kata Saya ucapkan terimakasih, jika masih malu bertanya ya malu saja tapi jangan takut untuk menulis komentar terhadap tulisan pendek ini. Dan jika Anda punya masalah dengan proses belajar dunia website janganlah malu untuk bertanya kepada kami karena kami hadir untuk melayani Anda selama 24/7

—- SEKIAN —-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s