Ilmu Sosial Dasar sebagai Mata Kuliah Dasar Umum

I. ISD sebagai Mata Kuliah Dasar Umum

A. ISD Merupakan kajian ilmu yang membahas dan menelaah masalah-masalah sosial dari berbagai ilmu penegetahuan seperti ekonomi, antrologi, psikologi dan geografi.

B. Latar belakang diberikannya ISD, yaitu :
– Bahan studi dan pengajaran yang dikhususkan dan diberikan kepada perguruan tinggi di Indonesia.
– Banyaknya kritik yang ditujukan pada sistem pendidikan perguruan tinggi oleh para cendikiawan.
– Menjadikan sarjana-sarjana “tukang” mau dan peka terhadap denyut kehidupan, kebutuhan, serta perkembangan masyarakat.

C. Kelompok ilmu pengetahuan, yaitu :
– Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ).
Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
– Ilmu-ilmu sosial ( social scince ).
Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia.
– Pengetahuan budaya ( the humanities ).
Bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.

D. Tujuan ISD, yaitu :
Mengembangkan kepribadian mahasiswa untuk peka terhadap masalah sosial di masyarakat.

E. Tujuan pendidikan umum di perguruan tinggi, yaitu :
– Mengembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota masyarakat dan bangsa serta agama.
– Mahasiswa peka terhadap masalah sosial dan tanggap dalam penaggulangannya.
– Mampu berpikir secara interdisipliner, dan mampu memahami pikiran para ahli berbagai ilmu pengetahuan, sehingga dengan demikian memudahkan berkomunikasi.

F. Kemampuan yang diharapkan dihasilkan dari lulusan pendidikan tinggi, yaitu :
– Kemampuan Personal (kemampuan pribadi).
Dapat menunjukan sikap dan kepribadian Indonesia , mengenal dan memahami nilai-nilai agama, kemayarakatan, kenegaraan serta pandangan luas terhadap masyarakat.
– Kemampuan Akademik.
Kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tertulis, menguasai peralatan analisa, berpikir logis, kritis, sistematis, analitis.
– Kemampuan Profesional.
Kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang besangkutan. Tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan tinggi.

G. Pengertian masalah sosial, yaitu :
Ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

H. Contoh masalah sosial, yaitu :
Pedagang kaki lima yang mencari nafkah bagi sebagian kelompok dianggap mengganngu lalu lintas atau keindahan kota.

II. PENDUDUK, MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN

A. Pengertian Penduduk
Menurut Thomas Robert Malthus adalah dua persoalan pokok, yaitu bahwa bahan makanan adalah penting utnuk kehidupan manusia dan nafsu manusia tidak dapat ditahan.

B. Keterkaitan antara penduduk, masyarakat dan kebudayaan, yaitu :
– Penduduk adalah sekumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.
– Masyarakat merupakan sekumpulan penduduk yang saling berinteraksi dalam suatu wilayah tertentu dan terikat oleh peraturan – peraturan yang berlaku di dalam wilayah tersebut.
– Masyarakat tersebutlah yang menciptakan dan melestarikan kebudayaan; baik yang mereka dapat dari nenek moyang mereka ataupun kebudayaan baru yang tumbuh seiring dengan berjalannya waktu.

C. Permasalahan penduduk, yaitu :
penduduk dunia itu bertambah karena kelahiran lebih besar dari kematian, sehingga tingkat kelahiran lebih besar dari tingkat kematian. Ini disebabkan karena manusia sebagai mahluk hidup akan selalu berusaha agar mempunyai keturunan dan berumur panjang.

D. Rumusan angka kelahiran
Tingkat kelahiran atau crude birth rate (CBR) dari suatu populasi adalah jumlah kelahiran per 1.000 orang tiap tahun. Dihitung dengan rumus CBR = n/((p)(1000)); di mana n adalah jumlah kelahiran pada tahun tersebut dan p adalah jumlah populasi saat penghitungan.

E. Pengertian angka kelahiran
Indikator angka kelahiran tahunan mencerminkan tingkat kelahiran pada suatu waktu atau tahun tertentu. ukuran berapa banyaknya bayi yang lahir dibandingkan dengan jumlah perempuan usia subur, pada tahun tertentu untuk daerah tertentu. Indikator Angka Kelahiran tahunan merupakan cerminan kelahiran dalam bentuk kerat lintang (cross section) dan bukan bersifat longitudinal atau historis.

F. Dinamika penduduk
Faktor perubahan dalam hal jumlah penduduk yang disebabkan oleh adanya pertumbuhan penduduk. Penduduk bertambah tidak lain karena adanya unsur lahir, mati, datang dan pergi dari penduduk itu sendiri.

G. Tiga pyramid penduduk, yaitu :
– Pyramid penduduk muda (umur 0-14 tahun),
– pyramid penduduk tua (umur 65 tahun ke atas) dan
– pyramid penduduk stasioner.

H. Berdasarkan komposisinya piramida penduduk dibedakan atas :
– Pyramid penduduk muda. Penduduk dalam pertumbuhan, alasnya lebih besar dan ujungnya runcing, jumlah kelahiran lebih besar dari jumlah kematian.
– Pyramid penduduk tua. Piramida penduduk yang menggambarkan penduduk dalam kemunduran, usia muda jumlanya lebih kecil dibandingkan dengan penduduk dewasa, jika ini berjalan terus menerus memungkinkan penduduk akan menjadi musnah karena kehabisan. Disini angka kelahiran lebih kecil dibandingkan angka kematian.
– Pyramid penduduk stasioner. Penduduk usia muda, usia dewasa dan lanjut usia seimbang, pyramid ini merupakan idealnya keadaan penduduk suatu Negara

I. Masyarakat
Masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, dan mempunyai kebudayaan sama.

J. Empat macam norma menurut kekuatan pengikatnya :
– cara(usage)
Merupakan suatu perbuatan individu dengan individu lain dalam hubungan bermasyarakat.
– kebiasaan(folkways )
perbuatan yang di ulang-ulang dan memiliki kekuatan yang besar disbanding cara.
– tata kelakuan (mores)
kebiasaan yang dilakukan dan dapat diterima sebagai nama” pengatur dalam masyarakat
– Adat kebiasaan (custom)
Terjadi dari tata kelekuan yang kuat integrasinya dengan pola keprilakuan masyarakat.

K. Contoh norma-norma yang ada di masyarakat :
Menyebut/memanggil seseorang dengan kata sapa, tidak hanya menyebut namanya saja.
PAK iwan kemana?
BU guru sedang mengajar.
MAS budi, main bole yuk…

L. Kebudayaan menurut Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan relajar.
7 unsur kebudayaan, yaitu :
-unsur religi
-sistem kemasyarakatan
-sistem peralatan
-sistem mata pencaharian hidup
-sistem bahasa
-sistem pengetahuan
-seni
Bertitik tilah dari sistem inilah maka kebudayaan paling sedikit memiliki 3 wujud antara lain :
– wujud sebagai suatu kompleks dari ide, gagasan, norma, peraturan dan sejenisnya. Ini merupakan wujud ideal kebudayaan. Sifatnya abstrak, lokasinya aa dalam pikiran masyarakat dimana kebudayaan itu hidup.
– kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat.
– kebudayaan sebagai benda hasil karya manusia.

M. Pranata Sosial adalah wadah yang memungkinkan masyarakat untuk berinteraksi menurut pola perilaku yang sesuai dengan norma yang berlaku.
8 pranata sosial yang ada di masyarakat, yaitu :
– Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan kehidupan kekerabatan atau domestic institutions.
– Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup ( economic institutions).
– Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah manusia (scientific institution).
– Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan pendidikan (educational institutions).
– Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah, menyatakan rasa keindahan dan rekreasi (aesthetic anda recreational institutions).
– Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan atau alam gaib (religius institutions).
– Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara (political institutios).
– Pranata yang bertujuan mengurus kebutuhan jasmaniah manusia (cosmetic institutions).

Source: Statistik, Definisi Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s