Cara Mengendalikan Emosi

Posted on: 13/10/2011

Mengubah cara berpikir

Saat dilanda emosi, kita sering kali berubah menjadi seorang “drama queen”. Segala hal dilebih-lebihkan, dan tampak serba dramatis. Cobalah berpikir lebih positif dan rasional. Sehingga luapan amarah tidak berubah menjadi rasa sedih dan minder.

Melatih cara berkomunikasi

Meski orang lain mengemukakan pendapat yang bertentangan dengan diri sendiri, dengarkan dahulu tanpa perlu menyela. Setelah itu, baru pikirkan baik-baik respons yang akan Anda berikan.

Mengalihkan pada kegiatan positif

Daripada energi digunakan untuk melakukan tindakan agresif, tidak ada salahnya mengalihkan dengan hal-hal yang positif. Semisal berolahraga, atau bekerja lebih giat. Dengan penyaluran seperti ini amarah akan berangsung-angsur hilang.

Tak hanya itu saja, hati serta pikiran Anda akan lebih tenang. Puasa marah yang tengah Anda lakukan pun akan semakin lebih berjalan lancar dan tidak terancam batal.

Menenangkan diri

Berhenti memikirkan sumber kemarahan dan fokuskan pikiran pada hal-hal yang menyenangkan. Hidup selalu diwarnai kebahagiaan serta kesedihan. Anda tidak akan pernah bisa berlari dari kenyataan tersebut. Namun, Anda selalu memiliki banyak cara untuk mengatasinya. Lewat puasa marah, Anda sekaligus berlatih meredam amarah Anda.

 

 

Posting Terkait:

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: